Beli Sekarang

Karya Ilmiah Peluang Bisnis (TUGAS LINGKUNGAN BISNIS)

  • Abstrak
 
Tulisan ini membahas tentang strategi pemanfaatan iklan di internet. Sejak munculnya internet,
iklan di World Wide Web telah sangat populer. Banyak perusahaan, perusahaan dan bisnis telah
mengambil keuntungan dari informasi ini dan Anda dapat melihat iklan pada setiap halaman
Web yang Anda kunjungi.Karena pada saat ini internet merupakan hal yang sudah tak lazim
lagi.Sehingga pada saat ini internet banyak digunakan oleh para produsen untuk mengiklankan
produknya pada internet.karena dengan mengiklankan produknya pada internet dianggap hal
yang paling efisien dan tepat. 
  • Pendahuluan
Iklan adalah segala bentuk presentasi non pribadi dan promosi gagasan barang atau jasa
oleh sponsor terterntu yang harus dibayar,iklan merupakan cara yang berbiaya efektif guna
menyebarkan pesan baik untuk membangun preferensi maupun untuk pendidikan.Iklan
dijaringan internet saat ini sebenarnya lebih banyak dimanfaatkan oleh mereka yang terjun ke
bisnis terkait seperti Microsoft,Excite,dan yahoo.Saat ini jaringan internet di Amerika mencapai
1% dari total pengeluaran iklan media,dimana jumlah ini masih tergolong kecil.
Jenis iklan yang dapa ditayangkan di jaringan internet makin beragam.Diperkirakan
jumlah anggaran iklan di cyberspace ini masih kurang dari 1% dari total belanja iklan di media
Indonesia.Beberapa hal yang menjadi penyebab adalah adanya keraguan terhadap efektivitas
iklan melalui media internet,belum banyaknya pebisnis yang mengerti manfaat internet dalam
bisnis selain komunikasi dan belum banyaknya biro iklan yang memanfaatkan internet sebaga
media alternative beriklan.Saat ini internet masih dianggap komplemen dan belum isa dianggap
pengganti media iklan konvensional yang selama ini kita kenal.
Karena mudah untuk mencapai segala jenis penonton tentang segala macam bisnis,
kemungkinan penyalahgunaan selalu ada. Berdasarkan iklan Internet diklasifikasikan menjadi
dua jenis iklan, iklan online iklan online legal dan ilegal. Hukum termasuk iklan online direktori
iklan online, iklan mesin pencari, e-mail iklan, dan iklan desktop. iklan ilegal lebih umum
dikenal sebagai spamming. Hal ini biasanya dilakukan dengan mengubah beberapa pengaturan
sistem dengan bantuan aplikasi eksternal setelah pop-up yang dikirim ke jaringan tertentu atau
komputer. Aplikasi eksternal dikenal sebagai adware atau spyware. Beberapa benar-benar
berbahaya, yang paling terkenal adalah Trojan, yang sangat sulit untuk menghapus dan dihapus
dari sistem.
Dengan peningkatan teknologi, efek khusus yang digunakan untuk membuat iklan yang
lebih menarik. Warna, tata letak halaman yang baik dan banyak imajinasi yang terlibat. Biasanya
Adobe Flash digunakan untuk desain iklan hari ini. Tergantung pada teknologi yang digunakan
untuk desain iklan dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori.
Iklan Banner adalah animasi ditampilkan di situs web biasanya dibuat dalam HTML atau
Eudora. Ada berbagai jenis dan ukuran iklan. Trik iklan banner adalah banner iklan yang
memiliki fungsi tambahan kotak dialog dan tombol dan akan ditampilkan sebagai peringatan atau
pesan kesalahan.
A pop-up adalah iklan ditampilkan di jendela baru yang menutupi halaman web yang
aktif. Sebuah pop-under iklan terbuka di jendela lain yang berada di bawah halaman web aktif
dan dapat dilihat setelah jendela saat ini baik ditutup atau diminimalkan.
iklan interstisial adalah mereka yang ditampilkan sebelum mengarahkan ke halaman yang
diinginkan.
Wallpaper iklan membentuk latar belakang halaman web. Iklan yang mengapung di layar dikenal
sebagai iklan mengambang.
Iklan yang ditampilkan dalam bentuk video pada sebuah situs web dikenal sebagai iklan video.
  •  Biaya Beriklan
Sebagaimana iklan-iklan lain,iklan internet perlu menetapkan batas-batasnya.Bila tidak
maka anda bias menghabiskan biaya lebih dari yang anda butuhkan.Penting dicatat bahwa
perusahaan tahu apa tujuan periklanan yang diinginkannya.Penalarannya jelas.Tidak adanya
tujuan evaluasi tujuan mengenai web bias mengarahkan kepersoalan perusakan citra dan
informasi secara besar-besaran.Apabila yang diharapkan dari periklanan perusahaan tidak bias
diartikulasikan dalam pengertian yang paling luas dan secara sistematis dievaluasi dalam hal
ketersampaian dengan media,maka barangkali tidak ada artinya menggunakan web.Begitu
ditentukan bahwa menggunakan web sebagai wahana beriklan maka hal itu akan betul-betul
menguntungkan perusahaan guna mencapai tujuan.Perhatian manajemen harus beralih ke
web.Mereka perlu memahami aapa itu web dan bagaimana fungsinya,serta harus menyadari akan
pentingnya memiliki komitmen jangka pendek mengenai penayangan informasi.Hanya dengan
begitulah nantinya mereka akan bias memutuskan beberapa banyak uang akan dibelanjakan
untuk beriklan diinternet.
Mentransplantasikan tujuan periklanan televise kedalam tujuan beriklan di web agaknya
tidak akan memadai.Iklan web diperuntukan bagi dinamika yang berbeda.Televisi,radio,Koran
dan majalah mengandalkan periklanan in-your-face dan penyusupan ke dalam kesadaran
seseorang iklan web bias mempengaruhi orang secara berbeda karena sifat
interaktifnya.Perusahaan perlu menilai apakah mereka memiliki komitmen tenaga kerja,waktu
dan sumber-sumber keuangan yang diperukan untuk tetap ada di web begitu merek memutuskan
mengadopsi web.Celakanya,kurangnya komitmen hanya akan menjadikan situs web tidak akan
membawa perusahaan kemana-mana,atau terpaksa harus terus-menerus memberitahukan kepada
pengunjung bahwa situs web tidak pernah betul-betul berakhir begitu kita masuk ia perlu
perubahan dan dinamika yang terus-menerus untuk bias menarik pengunjung. 
  • Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan iklan di Internet
Berikut disampaikan aspek-aspek yang menyebabkan penggunaan internet lebih favorable
dan yang unfavorable.Kelebihan penggunaan internet
1. Pemangkasan biaya perantara pasar karena pembeli dapat langsung dengan pihak
produsen dalam pembelian barang
2. Peningkatan efektivitas iklan karena hannya calon pembeli yang benar-bear berminat saja
yang akan membolak-balik halaman iklan di internet
3. Biaa pemasangan yang masih relative murah dibandingkan dengan pemasangan iklan di
media televisi.Tetapi belum adanya undang-undang teknologi yang dapat membatasi
pertukaran data internet demi menjaga hak cipta
Kelemahan penggunaan iklan melalui internet:
1. Konsumen masih ragu dalam pemesanan barang melalui internet karena factor
kekhawatiran dan keamanan dalam mengirim nomor kartu kredit untuk pembayaran.Oleh
karena itu perusahaan e-commerce harus menjamin keamanan nomor kartu kredit
2. Untuk beberapa jenis produk,konsumen merasakan adanya kekhawatiran apaka barang
yang terlihat dilayar monitor betul-betul persis seperti yang diinginkan,karena pembeli
tidak memiliki kesempatan untuk memperhatikan dengan seksama jenis dan kualitas
barang yang aka dipesan.
3. Kesulitan akses e-commerce.Tidak semua orang memiliki akses internet dan tidak semua
orang memiliki cukup waktu untuk membolak-balik halaman internet.
4. Bandwidth yang terbatas yang mengakibatkan lambatnya proses tukar menukar data dan
informasi diantara para pelaku bisnis.

  • Jenis-Jenis Media Iklan di Internet
    1.Banner
Iklan banner merupakan jenis iklan yang paling lazim digunakan di internet.Begitu anda
melakukan penjelajahan di wahana informasi Super highway tersebut,maka banner akan
ditampilkan berkisar dari 7 hingga 10kb.Semakin kecil ukuran file semakin ia melakukan
loading.Para pengiklan menghabiskan waktu yang tidak sedikit untuk merancang banner
yang mampu menarik perhatian konsumen.Ada dua jenis banner: Keyword banner dan
Random banner.Keyword Banner muncul ketika dilakukan query atas satu kata
pembuka dari search engine.Ini akan efektif bagi perusahaan yang ingin mengerucutkan
audien yang menjadi sasarannya.Random Banner,muncul secara acak.
Perusahaan-perusahaan yang ingin memperkenalkan produk baru biasanya menggunakan
random banner.sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1998 oleh AOL memperlihatkan
bahwa 9 dari 10 orang akan merespon iklan-iklan banner,dan sekitar 50% pemirsa akan
mengingat suatu iklan begitu selesai menyelesaikannya.
Keuntungannya:
Keuntungan menggunakan banner ialah kemampuannya dalam melakukan kosstumisasi
iklan ke audien yang menjadi sasarannya.Orang bisa memutuskan segmen pasar mana
yang akan menjadi fokusnya.Bahkan banner dapat dikostumisasikan menjadi iklan one-
to-one,targeted.Strategi pemasaran force advertising juga bisa diterapkan ,yang
pelanggan dipaksa untk meliatnya,suka tidak suka.
Kerugian ada pada biaya keseluruhan yang sangat mahal.Kala perusahaan menginginkan
satu kampanye yang sukses,maka ia perlu mengalokasikan sejumlah besar anggaran iklan
agar dapat encapai CPM dalam volume tinggi.Selain itu,salah satu kerugian
menggunakan banner ialah bahwa informasi yang disampaikan terbatas.Karena itu
pengiklan perlu memikirkan pesan krearif yang pendek untuk menarik perhatian pemirsa.
    2. Banner Swaping
Banner swaping dilakukan bila perusahaan A setuju untuk menampilkan sebuah banner
perusahaan B dengan imbalan perusahaan B juga mau menampilkan iklan perusahaan A.
    3.Iklan Persegi Panjang
Iklan persegi panjang besar berbetuk seperti banner,tetapi besar.Iklan segi empat ini
bersama dengan iklan Skycraper dapat meningkatkan matrik merek kunci sebesar 40%
dibandingkan dengan ukuran baseline (banner).Iklan persegi panjang besar menjadi lebih
efektif kalau dipadukan dengan tipe iklan Skycraper.
    4.Iklan Skyscraper
Iklan Skycraper berbentuk seperti banner.Jika banner memanjang secara horizontal,maka
skyscraper memanjang secara vertical
Dan masih banyak lagi jenis media iklan yang dapat digunakan diinternet.
 Daftar Pustaka
M.Suyanto.(2003); “Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia”.Yogyakarta
Penerbit: ANDI Yogyakarta.
Firmanasari,Zakiah (2007) “Efektivitas Penggunaan Iklan Pada Media Internet”. (http://perangkap.blogspot.com/2007/08/efektivitas-penggunaan-iklan-pada-media.html)
Nathan Jimbro Alie (2010); Pemanfaatan Internet Untuk Pasang Ikla Bisnis”.
(http://karpetbasah.blogspot.com/2010/06/pemanfaatan-internet-untuk-pasang-iklan.html)
Toni Agung N "Iklan Internet"

Produk Terkait Lainnya :

There is no other posts in this category.
 
Kembali Ke Atas